SUSU

Posted: June 12, 2012 in Info, Kesehatan

Postingan blog saya kali ini adalah tentang susu, Susu kata yang umum sederhana dan hanya terdiri dari 4 karakter dan hanya 2 suku kata yang berulang dalam bahasa inggris juga hanya ada 4 karakter yaitu Milk. Tapi hebatnya benda cair ini lah yang kita butuhkan untuk hidup saat pertama kali kita hidup di dunia ini.. bayangkan kalau kita pada saat lahir dikasih kopi bukannya susu bisa berabe tuh hahaha😀, sejak jaman SD dulu kita juga sudah tahu bahwa susu itu baik untuk perkembangan tubuh dan masuk  dalam selogan 4 sehat 5 sempurna, dalam selogan itu susu adalah penyempurna makanan yang dibutuhkan oleh manusia, hmm.. sebegitu dahsyat kah susu itu?

Okey coba kita tanyakan om Wikipedia,

Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia betina. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia.

Dewasa ini, susu memiliki banyak fungsi dan manfaat. Untuk umur produktif, susu membantu pertumbuhan mereka. Sementara itu, untuk orang lanjut usia, susu membantu menopang tulang agar tidak keropos. Susu mengandung banyak vitamin dan protein. Oleh karena itu, setiap orang dianjurkan minum susu. Sekarang banyak susu yang dikemas dalam bentuk yang unik. Tujuan dari ini agar orang tertarik untuk membeli dan minum susu. Ada juga susu yang berbentuk fermentasi. [Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Susu]

Dahsyat bung.. tapi miris rasanya ketika melihat survey bahwa Konsumsi susu masyarakat Indonesia hanya lima tetes per orang per hari atau sekitar 11 liter per  orang per tahun dan ini paling rendah dibandingkan konsumsi susu di negara ASEAN maupun Eropa. Sementara sekitar 70 persen bahan baku susu masih dari luar negeri terutama New Zeland,”kata   Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan dalam sambutan Puncak Acara Peringatan Hari Susu Nusantara 2012, di Gedung Jogja Expo Centre, Sabtu (2/6). Sumber : http://www.republika.co.id/

Ditambah lagi survey dari saya sendiri setelah melakukan penelitian di kulkas rumah tetangga dan rumah teman termasuk rumah saya sendiri😀 bahwa stok susu di situ bisa dikatakan nihil atau mungkin hanya 1 kotak kecil itu pun katanya oleh-oleh ulang taun dari teman adeknya.

Bisa disimpulkan bahwa minat untuk mengkonsumsi susu memang benar benar minim, kalau masih tidak percaya coba di ingat sudah berapa gelas anda minum susu dalam 1 minggu terakhir? Nb: tidak termasuk kopi susu 😀 bisa di pastikan tidak ada yang tiap hari minum susu *sok tau*.

Pertanyaannya kenapa sebegitu minim? Apakah harga susu yang terlalu mahal? *dengan sontak ibu-ibu pkk menjawab *MAHAL* di iringi dengan curhatan harga sembako yang kian mahal [skip] wah kalau begitu pada kaya raya dong peternak sapi perah.. *langsung mendapat lemparan kotoran sapi dari para peternak* nah kok bisa harga susu mahal tapi peternak ga bisa kaya? menurut berita dari tempo harga susu saat ini masih berkisar Rp 3.400 – Rp 4 ribu per liter, nah perasaan kemaren beli susu di mini market lebih dari Rp 10.000 (susu cair paling murah) selisih yang cukup jauh #miris

Okey back to laptop eh back to tema yaitu “Susu Inovasi Yang Sehat dan Halal Untuk Pertumbuhan Anak”, coba kita pahami maksudnya…

Susu Inovasi yang menurut saya adalah susu yang dikembangkan agar kandungan gizi dan vitaminnya meningkat, dan kalau arti susu inovasi yang sehat? Berarti ada yang tidak sehat kah? Ya pernah ada susu dari china yang pernah menghebohkan dunia karena bercampur dengan bahan kimia yang tidak seharusnya ada dalam susu dan berakibat banyaknya balita di china menderita sakit dan beberapa makanan yang berbahan dasar susu hasil import dari china yang ditarik dari pasar Indonesia.
Dan bagaimana dengan susu yang halal? Kalau itu kita tidak perlu khawatir semua produk makanan yang beredar di Indonesia diwajibkan melebelkan Halal dan non halal pada kemasannya dan MUI lah yang bertanggung jawab memberikan hak halal itu.

Jadi selogan “Susu Inovasi Yang Sehat dan Halal Untuk Pertumbuhan Anak” itu sangat baik untuk diteruskan dan harus di dukung oleh semua orang termasuk pemerintah yang memberikan kebijakan agar pasokan susu dan harganya lebih terjangkau juga produsen susu yang terus berinovasi agar menjaga kualitas susu yang dihasilkan bisa membantu pertumbuhan anak Indonesia.

Comments
  1. Bener banget gan tanpa ada nya susu kita ga akan bisa bertumbuh..
    Artikel nya bisa memberikan wawasan baru bagi masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi susu..
    Aku aja tiap hari minum susu kalau ga minum susu rasanya lemes & ga semangat gitu gan..
    hehhehee…

  2. ok thx u infonya ya..

  3. hanum bayu muda says:

    masyarakat belum tau baiknya susu, mereka pikir susu pengganti makanan misal pada bayi dan balita padahal susu wajib di konsumsi setiap hari min 1 gelas setiap pagi g perlu mhal atau bnyak yg penting mnum susu toh skrng bnyak varian, anak yang sering mnum susu jarang terserah penyakit.
    saya dari kecil sampe kerja pagi mash mnum susu meski hanya segelas Alhamdllh daya tahan tubuh kuat.
    pemerintah lebih sering deh ngasih sosialisasi susu
    dan kalo perlu ada subsidi susu untuk warga yg benar-bener kurang mampu
    masak beras ajah yg di subsidi😛
    inget cuma warga yg bner-bner kurang mampu

  4. Sedikit sanggahan, konsumen atau penikmat susu harus jeli karena produk Susu sekarang bahan dasar “susu sapinya” sudah dikurangi bahkan dihilangkan. Aneh banget hanya untuk mengejar vitamin dan tambahan Plus-Plusnya. mending beli susu sapi asli (tp kadang susu sapi asli juga banyak campurannya terigu lah santan, ditambahi air lah…… Hadeuh)
    Mending pelihara Sapi sendiri kali ya…….
    Hidup “SUSU’……… heheheheh (Devil Smile)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s